Selamat Datang Di Website Sentra Satria, Kami siap menyelenggarakan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI), Seluruh Pelayanan Kami Gratis

PURWOKERTO (3 Juni 2022) – Keprihatinan akan meningkatnya kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Indonesia mendorong Sentra Satria di Baturraden, salah satu Unit Pelaksana Teknis Kementerian Sosial di Jawa Tengah melaksanakan Aksi Sosial Donor Darah pada Jum’at (3/6) bertempat di Kantor Sentra Satria Baturraden. Bekerjasama dengan Palang Merah Kabupaten Banyumas, aksi ini melibatkan para pegawai, Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) Sentra Satria Baturraden dan terbuka bagi masyarakat umum.
Melansir informasi dari situs ayodonor.pmi.or.id, setiap 8 detik terdapat 1 orang yang membutuhkan transfusi darah di Indonesia. Ayugita Nurazizah Tama salah seorang Dokter pada Bagian Unit Donor Darah PMI Kabupaten Banyumas yang mendampingi kegiatan ini menyatakan saat ini kondisi pasokan ketersediaan di wilayah Banyumas dalam batas aman. Namun demikian dengan meningkatnya kasus Demam Berdarah saat ini, maka kegiatan donor darah harus tetap dilakukan.
“Bisa kita lihat cuacanya sedang sering hujan jadi memang Demam berdarah agak meningkat. Dengan adanya donor darah ini akan menenangkan kita untuk jaga-jaga agar tidak mengalami kekurangan”, tegas Ayugita.
Ayugita menyampaikan apresiasi atas aksi sosial yang dilakukan, namun ia berpendapat masih perlunya edukasi kepada masyarakat tentang syarat-syarat untuk dapat berpartisipasi dalam Donor Darah mengingat sebagian besar peserta baru pertama kali berpartisipasi dalam kegiatan donor darah.
“Antusias dari Kementerian Sosial, pekerja sosial, dan masyarakat sekitar sangat baik namun pengetahuan untuk syarat-syarat dapat melakukan donor darah masih perlu ditingkatkan”, ungkapnya.
Lebih lanjut, Ayugita menjelaskan syarat untuk melakukan donor darah secara garis besar.
“Orangnya harus sehat setelah itu dalam 7 hari sebelum donor tidak boleh mengkonsumsi obat selain yang diperbolehkan yaitu obat untuk darah tinggi, obat gula dan vitamin”, ujar Ayugita.
Pada aksi sosial Donor Darah kali ini berhasil mengumpulkan 33 kantong darah dari total 66 peserta. Kepala Sentra Satria di Baturraden, Darmanto, menjelaskan selain adanya keprihatinan terhadap meningkatnya kasus Demam Berdarah, aksi sosial ini dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke 26. Darmanto menyatakan kegiatan donor darah ini sebagai aksi kemanusiaan karena satu tetes darah yang dikeluarkan dapat bermanfaat dan berharga bagi orang lain yang membutuhkan.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow by Email
Facebook
Twitter
YouTube
Instagram
1
Halo...para Kerabat Satria. Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by