Selamat Datang Di Website Sentra Satria, Kami siap menyelenggarakan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI), Seluruh Pelayanan Kami Gratis

TARAJU(29 Mei 2022) – Kebahagiaan tergambar jelas pada raut wajah Rodiah (72 thn) warga Kampung Cipanunjang Kecamatan Taraju, Tasikmalaya. Dimasa usia senjanya, Rodiah dapat bernafas lega karena rumahnya kini lebih nyaman ditempati.

Rumah yang sebelumnya berdinding bambu dan berlubang di beberapa sudutnya kini berganti tembok batako yang tertata rapi. Selain itu isi rumahnya pun bertambah dengan perlengkapan tempat tidur baru dan seperangkat alat perabotan dapur.

Rodiah menjadi salah satu penerima bantuan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) Kementerian Sosial setelah sebelumnya menjalani asesmen komprehensif yang dilakukan oleh petugas Pekerja Sosial dari Sentra “Satria” di Baturraden Kementerian Sosial, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan aparat Dinsos Kecamatan Taraju.

Tidak hanya Rodiah, rasa bahagia juga dirasakan warga Lansia lainnya di Kecamatan Taraju. Dioh (75 thn) warga Desa Raksasari dan Mpud (68 thn) di Desa Banyu Asin menerima alat bantu berupa kursi roda. Bantuan kursi roda diserahkan langsung oleh Kepala Sentra “Satria” di Baturadden, Darmanto, di kediaman mereka masing-masing pada hari Sabtu (28/5).

Pemberian bantuan ATENSI ini merupakan bagian dari rangkaian Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HALUN) Tahun 2022. Kementerian Sosial melalui Sentra “Satria” di Baturraden menyalurkan bantuan ATENSI sebesar 182.400.000,- (Seratus Delapan Puluh Dua Juta Empat Ratus Ribu Rupiah) bagi warga lansia Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya.

Adapun bentuk bantuan yang diserahkan antara lain berupa paket sembako untuk 211 orang senilai 84.400.000,-, paket pemenuhan nutrisi (susu, vitamin dan madu) untuk 64 orang senilai 19.200.000,-, bantuan aksesibilitas berupa kursi roda kepada 10 orang PM, alat bantu dengar bagi 10 orang PM, Tongkat bagi 7 orang PM senilai 22.900.000,- , serta bantuan kewirausahaan kepada 20 orang PM senilai 48.500.000,-, bantuan Pemenuhan Kebutuhan Hidup Layak untuk 1 orang senilai 7 juta dan bantuan lainnya senilai 400.000,-.

Puncak peringatan HLUN Ke 26 Tahun 2022 dipusatkan di Kabupaten Tasikmalaya. Lokasi ini dipilih karena berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tahun 2022, jumlah lansia di Kabupaten Tasikmalaya yaitu 28.950 lansia, terbanyak se-Indonesia.

Kementerian Sosial secara serentak akan menyerahkan bantuan di 39 Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya. Bantuan tersebut terdiri dari bantuan ATENSI, PKH dan Sembako bagi lansia tunggal, penyerahan alat bantu, bantuan sandang, nutrisi, obat-obatan, renovasi bagi rumah lansia yang tidak layak huni, operasi katarak gratis serta perekaman e-KTP dan kegiatan donor darah.

Bertema Lansia Sehat Indonesia Kuat, peringatan HLUN tahun ini untuk mengapresiasi dan menggaungkan semangat lansia sehat, mandiri, & sejahtera untuk Indonesia kuat.

#HLUN2022 #LansiaSehatIndonesiaKuat #LansiaMandiriSejahtera

Humas Sentra Satria Baturraden


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow by Email
Facebook
Twitter
YouTube
Instagram
1
Halo...para Kerabat Satria. Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by