Selamat Datang Di Website Sentra Satria, Kami siap menyelenggarakan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI), Seluruh Pelayanan Kami Gratis

PURWOKERTO (10 Mei 2022) – Sentra “Satria” Baturraden memperluas jangkauan layanan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi Lanjut Usia (Lansia). Bila sebelumnya sasaran layanan hanya ditujukan bagi Lansia di Desa Ketenger, kini Sentra “Satria” Baturraden mulai mengintensifkan layanan bagi Lansia di Desa Karangmangu. Hal ini diungkapkan Darmanto, Kepala Sentra “Satria” di Baturraden pada saat menghadiri kegiatan Posyandu Lansia di Balai Desa Karangmangu, Selasa, 10/5.

Dalam kegiatan tersebut turut pula hadir Kepala Desa Karangmangu beserta kader Posyandu Lansia dan para anggota.

Guna melakukan layanan, Darmanto menjelaskan langkah awal yang diperlukan adalah dengan melakukan pemetaan masalah dan identifikasi kebutuhan bagi para Lansia.

“Untuk memberikan pelayanan maka kami memerlukan banyak informasi segala permasalahan sosial yang ada. Perlu asesmen, apa saja yang dibutuhkan baik itu bagi Lansia produktif dan tidak produktif. Selama ini bantuan yang kami berikan diantaranya berupa kursi roda, tongkat penuntun, alat bantu dengar, permakanan bahkan bantuan kewirausahaan menyesuaikan kondisi dari Lansia yang akan dibantu”, jelas Darmanto.

Selain menekankan pentingnya asesmen data informasi dalam pemberian layanan bagi para Lansia, Darmanto juga mengajak para lansia untuk memanfaatkan fasilitas Sentra Kreasi Atensi (SKA) yang dimiliki Sentra “Satria” Baturraden.

Pemanfaatan fasilitas SKA tidak hanya ditujukan untuk mendukung aktivitas yang dilakukan Posyandu Lansia seperti senam sehat maupun pemeriksaan kesehatan namun juga membuka peluang usaha bagi masyarakat termasuk juga para Lansia.

“Kalau ada masyarakat mau jualan silahkan saja. Gratis. Kami fasilitasi tempatnya tapi harus menjaga kebersihan”, tegas Darmanto.

Penggunaan fasilitas SKA nantinya diharapkan mampu berkontribusi pada pemberdayaan serta perbaikan perekonomian para lansia dan masyarakat setempat.

Lebih lanjut Darmanto menambahkan Sentra “Satria” juga memiliki Sumber Daya Manusia berkompeten berkompeten seperti Pekerja sosial, Psikolog klinis, Penyuluh sosial, Perawat maupun Konselor yg bisa diakses dan siap membantu apabila warga masyarakat membutuhkan rehabilitasi sosial.

Herwijati Anita M, Analis Kebijakan Sentra Satria yang juga hadir dalam acara tersebut mengungkapkan pada umumnya Lansia memiliki banyak persoalan sosial terkait kemampuan fisik yang telah menurun dan secara emosional kerapkali merasa diabaikan, bahkan tidak berharga. Untuk mengurangi permasalahan tersebut, Herwijati mengusulkan adanya pelibatan lansia dalam berorganisasi khususnya di Posyandu Lansia.

“Perlu terdapat perwakilan Lansia yang diajak dalam kepengurusan, juga ada perwakilan RT dan RW. Hal ini akan mengurai dan mempermudah jalan keluar ketika terjadi permasalahan yang dialami diantara Lansia. Yang namanya Lansia sebetulnya hanya memerlukan sentuhan kasih sayang”, tegasnya.

Humas Sentra Satria Baturraden


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow by Email
Facebook
Twitter
YouTube
Instagram
1
Halo...para Kerabat Satria. Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by