Selamat Datang Di Website Sentra Satria, Kami siap menyelenggarakan Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI), Seluruh Pelayanan Kami Gratis

PURWOKERTO (31 MARET 2022) – Menindaklanjuti pelaksanaan kegiatan Praktikum Laboratorium 5 Mahasiswa Politeknik Kesejahteraan Sosial (Poltekesos) Bandung maka diadakan Forum Supervisi Lembaga Praktikum Laboratorium Program Studi Rehabilitasi Sosial Polteksos Bandung Tahun Akademik 2021/2022 bertempat di Ruang Pertemuan Sentra ‘Satria’ Baturraden. Forum tersebut dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan proses pelaksanaan praktikum para mahasiswa dari Poltekesos Bandung sebagai Calon Pekerja Sosial. Hadir dalam forum tersebut Direktur Poltekessos, Dr. Marjuki, M. Sc beserta jajaran; Kepala Sentra ‘Satria’ Baturraden, Darmanto; 5 mahasiswa pelaksana praktikum, Pekerja Sosial sebagai pendamping lapangan mahasiswa serta perwakilan Penyuluh Sosial.

Pada kesempatan tersebut, Darmanto menyampaikan perubahan paradigma layanan Sentra “Satria” Baturaden menjadi layanan multifungsi sesuai Permensos No. 7 Tahun 2021 tentang Asistensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI). Dalam Peraturan tersebut menyatakan bahwa Layanan ATENSI diberikan berdasarkan prinsip multifungsi layanan, holistik, sistematik, terstandar, berbasis hak, multiprofesi, multilevel intervensi, multiaktor kolaborasi, dinamis, integratif, komplementer, berjejaring. Pelaksanaan ATENSI bertujuan untuk mencapai Keberfungsian Sosial individu, keluarga, dan komunitas dalam memenuhi kebutuhan dan hak dasar, melaksanakan tugas dan peranan sosial, mengatasi masalah dalam kehidupan.

Sampai saat ini Sentra “Satria” telah menangani Korban Penyalahgunaan Napza, Korban Trafficking, Orang Dengan Gangguan Jiwa, penanganan bencana dan sebagainya. Dengan adanya perubahan layanan tersebut maka diperlukan penyesuaian baik dari sisi sarana prasarana dan metode.

Sedangkan menurut Marjuki, aspek yang perlu diperhatikan dalam melakukan layanan multifungsi adalah dari aspek SDM, Regulasi tentang penanganan klien, Anggaran dan Kemitraan karena pada proses layanan keberfungsian sosial para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) perlu dilakukan kerja kolaboratif.

Dengan adanya fungsi multilayanan yang dilaksanakan di Sentra ‘Satria” Baturraden diharapkan mampu menjadi laboratorium sosial bagi para mahasiswa untuk mengeksplorasi segala pengetahuan dan ketrampilan sehingga memperkaya kemampuannya ketika berhadapan dengan berbagai karakteristik PPKS.

Praktikum Laboratorium merupakan bagian dari rangkaian 3 Praktikum yang harus dilakukan para mahasiswa untuk menyelesaikan pendidikannya. Setelah menyelesaikan praktikum laboratorium maka akan dilanjutkan dengan praktikum institusi dan praktikum lembaga. Adapun target capaian pembelajaran yaitu mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan tentang PPKS dan jenisnya, sikap profesionalisme sebagai pekerja sosial, serta ketrampilan baik umum dan khusus dalam memberikan layanan dengan mempertimbangkan karakteristik klien.

Poltekesos Bandung sampai Tahun 2021 memiliki 15.197 orang lulusan yang terdiri dari S1/ Sarjana Muda/Diploma III/ Diploma IV/ Sarjana Terapan/ Spesialis 1/ Magister Terapan. Lulusan tersebar di berbagai instansi pemerintah dan swasta di dalam dan luar negeri.

Humas Sentra Satria Baturraden


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Follow by Email
Facebook
Twitter
YouTube
Instagram
1
Halo...para Kerabat Satria. Ada yang bisa kami bantu ?
Powered by